Berita

Sebanyak 50.183 Anggota KPPS di Jakarta Barat Dilantik

×

Sebanyak 50.183 Anggota KPPS di Jakarta Barat Dilantik

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Barat melantik Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS).

Sebanyak 50.183 KPPS Pemilu 2024 secara serentak dilantik di 8 Kecamatan wilayah Jakarta Barat, Kamis (25/1/2024).

Khusus untuk Kecamatan Kembangan, pelantikan dilaksanakan di Kawasan CNI, Kawasan Centra Niaga Puri, Kembangan Selatan.

Asisten Pemerintah (Aspem) Jakarta Barat Firmanuddin yang ikut hadir dalam pelantikan KPPS Se-Kecamatan Kembangan mengingatkan agar anggota KPPS yang dilantik harus berintegritas dan menguasai tupoksi, serta aturan yang ada sehingga tidak ada masalah dalam pemilu 2024 mendatang.

“Mudah-mudahan dengan integritas yang dimiliki anggota KPPS, pemilu 2024 di Jakarta Barat dapat berjalan baik,” kata Firmanuddin kepada media usai menghadiri pelantikan.

Ketua KPUD Jakarta Barat Endang Istianti mengatakan agar seluruh petugas KPPS yang dilantik secara serentak di Indonesia termasuk Jakarta Barat dapat mengemban tugas sebaik-baiknya dan tetap menjaga kesehatan hingga akhir tanpa kekurangan apa pun.

“Tugas terberat pertama pada hari H-1 harus menyiapkan tenda sebagai tempat pelaksanaan proses pemungutan dan penghitungan di TPS.
Setelahnya melakukan proses pemungutan suara pada hari H dari jam 07.00 sampai 13.00 dan dilanjutkan tanpa henti penghitungan suara,” jelasnya.

Endang menambahkan saat ini sudah ada aplikasi yang jauh lebih baik untuk digunakan petugas KPPS dalam melakukan rekapitulasi suara yaitu Sistem Informasi Rekapitulasi (Sirekap).

Sementara Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kembangan Fajar Pratama menyampaikan jumlah total KPPS di wilayahnya sebanyak 5.950 orang yang akan bertugas di 850 tempat pemungutan suara (TPS).

“Ada 5.950 anggota KPPS se-kecamatan Kembangan yang akan bertugas di 850 TPS,” jelas Fajar.

5.950 KPPS ini dengan rincian Kembangan Utara (1.316), Meruya Utara (1.057), Meruya Selatan (805), Srengseng (1.106), Joglo (994), dan Kembangan Selatan (672).

Fajar berharap anggota KPPS yang dilantik hari ini dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan fakta integritas yang mereka bacakan.

Usai pelantikan ini, kata Fajar, dalam waktu dekat Panitia Pemungutan Suara (PPS) akan mengadakan bimbingan teknis (bimtek) kepada 7 orang KPPS di masing-masing TPS.

“KPPS ini merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan pemilu di tingkat TPS. Karena itu dalam waktu dekat mereka akan mendapatkan bimbingan teknis dari PPS,” tutup Fajar.

Turut hadir dalam pelantikan KPPS Se-Kecamatan Kembangan, Kasuban Kesbangpol Muhamad Matsani, Fahmi Zikrillah mewakili KPU Provinsi DKI, dan Dandim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf E.S. Siregar, serta para lurah Se-Kecamatan Kembangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *