DaerahJawa

Anggota DPRD Jateng Gelar Diskusi Pancasila dalam Bebangsa dan Bernegara

×

Anggota DPRD Jateng Gelar Diskusi Pancasila dalam Bebangsa dan Bernegara

Sebarkan artikel ini

Klaten, faktapers.id – Anggota DPRD Jateng Kadarwati menggelar forum diskusi kebangsaan tentang ideologi pancasila ke masyarakat dalam berbangsa dan bernegara yang ada di wilayah Trucuk. Diskusi ini digelar untuk mendorong supaya ideologi Pancasila tidak terkikis oleh jaman.

Menurutnya, Pancasila merupakan dasar negara sekaligus pedoman hidup masyarakat Indonesia. Penerapan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari dapat dimulai dari lingkungan terdekat.

“Adapun nilai-nilai Pancasila yang terkandung dalam sila yaitu Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan dan Keadilan,” ujar Kadarwati saat dikonfirmasi, dirumah Aspirasi, Jatipuro, Trucuk, Kamis (25/1/2024).

Legislator dari Fraksi PDI Perjuangan ini, mengatakan sebagai wargai negara Indonesia sudah seharusnya nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila diterapkan dalam kehidupan bermasyarakat sehari-hari.

“Manifestasi dari lima sila dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara. Sila pertama misalnya menekankan pada penghormatan terhadap berbagai agama dan kepercayaan dalam masyarakat Indonesia,” jelas Politisi asli kelahiran Klaten ini.

Lebih lanjut dijelaskan, sila keempat Pancasila menekankan pada pentingnya demokrasi dan pemilihan umum yang adil. Penerapan nilai ini melibatkan pembentukan lembaga demokrasi, perlindungan hak warga negara dan penguatan proses perwakilan rakyat.

“Berbeda pandangan dalam berpolitik itu tidak dilarang, karena berbeda pilihan itu sangat wajar didalam berdemokrasi. Untuk itu, yang paling penting adalah sikap saling menghargai satu sama yang lain. Meski berbeda namun menjunjung tinggi demokrasi itu harus tetap diutamakan,” ungkapnya.

Legislator yang berangkat dari Daerah Pemilihan (Dapil) VII (Klaten, Sukoharjo, Surakarta) ini berharap kepada para aktivis, akademis dan tokoh masyarakat, agar turut mengajarkan nilai-nilai pancasila dalam lingkungan sekitar masyarakat khususnya generasi milenial yang ada di Trucuk.

(Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *