Berita

Butet Kartaredjasa: Seniman akan Gelar Pameran untuk Ekspresikan Penghianatan Demokrasi

×

Butet Kartaredjasa: Seniman akan Gelar Pameran untuk Ekspresikan Penghianatan Demokrasi

Sebarkan artikel ini
Butet Kartaredjasa: Seniman akan Gelar Pameran untuk Ekspresikan Penghianatan Demokrasi

Faktapers.id YOGYAKARTA – Seniman Butet Kartaredjasa mengatakan akan ada pameran seni yang akan dijalankan oleh para seniman sebagai respons melawan situasi kebijakan pemerintah pasca Pemilihan Umum 2024 ini. Pameran seni itu akan berlangsung pada 17 Agustus 2024.

“Menanggapi situasi urusan politik setelahnya coblosan ini, ada situasi psikis yang tersebut melahirkan keganjilan-keganjilan di tempat pada hidup berdemokrasi, ini adalah titik awal penghianatan demokrasi, melukai demokrasi,” kata Butet di tempat rumahnya dalam Kasihan, Bantul, Hari Sabtu (17/02/2024).

Butet menyebut, pada waktu ini seniman-seniman tidak ada berdaya. Dia mengaku mencoba mengekspresikan, merekam suasana itu di bentuk seni visual, entah itu di bentuk instalasi, seni lukisan, entah itu drawing.

“Kemarin saya telah bersepakat dengan kuratornya, kuratornya Mas Warno Wisotro Utomo untuk menyelenggarakan pameran itu di dalam bulan Agustus, kita upayakan untuk menandai kemerdekaan kita nanti, kita akan mengadakan itu (pameran),” katanya.

Menurut Butet, ketika ini proses persiapan pameran sudah ada berjalan. Ada beberapa orang seniman yang akan segera melibatkan di acara tersebut. Namun demikian, dirinya belum mampu membeberkan lebih banyak lanjut siapa cuma seniman yang dimaksud akan mengambil bagian terlibat. Menurut Butet, seniman-seniman yang dimaksud akan terlibat adalah merekan yang sama-sama merasa bahwa demokrasi pada waktu ini sedang tak baik-baik saja.

“Pameran ini akan dilangsungkan pada Yogyakarta. Hanya saja, tapi belum ada kepastian lokasi yang digunakan akan digunakan untuk tempat pameran. Paling gampang di area (gedung pertunjukan) Bentara Budaya Yogyakarta,” katanya.

Butet menambahkan, pameran ini bertujuan untuk merefleksikan pengalaman keganjilan yang digunakan terjadi selama pemilihan raya 2024 ini. Menurutnya, ada praktik yang tersebut tak sesuai pada keberadaan berdemokrasi pada waktu ini, sehingga para seniman tergugah kemudian merasa hal ini perlu direspon melalui karya seni.

Keterangan foto.
Seniman Butet Kartaredjasa mengumumkan akan mengadakan pameran seni sebagai respon situasi urusan politik pasca pemilihan 2024. Foto : iNews.id/Yohanes Demo.

(*)

Berita Lainnya Faktapers di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *