Berita

PLN Gandeng Perusahaan Negeri Sakura Kembangkan Bisnis Daya Primer

×

PLN Gandeng Perusahaan Negeri Sakura Kembangkan Bisnis Daya Primer

Sebarkan artikel ini

Faktapers.id INFO NASIONAL – PT PLN (Persero) melalui Subholding PLN Tenaga Primer Indonesia (PLN EPI) menggandeng perusahaan dengan syarat Jepang, JERA Co. Inc untuk menjajaki prospek kerja identik pada bidang suplai, optimasi rantai pasok juga infrastruktur LNG untuk PLN Group, sekaligus mengembangkan sistem ekologi energi hijau di dalam Indonesia.

Penandatanganan nota kesepahaman dijalankan oleh Direktur Gas serta BBM PLN EPI Rakhmad Dewanto bersatu Executive Officer, Head of the Lingkungan Business Group JERA Shinsuke Nakayama di dalam Bandung, Senin, 5 Februari 2024.

Direktur Utama PLN, Darmawan Prasodjo, mengungkapkan kemitraan ini bertujuan untuk menguatkan hubungan kolaboratif dengan perusahaan energi terdepan dunia, teristimewa di penyelenggaraan manajemen energi primer.

“Ini adalah permulaan journey untuk mentransformasikan PLN EPI menjadi perusahaan energi primer kelas dunia. Tidak belaka untuk LNG, tetapi juga energi hijau alternatif lain seperti hidrogen. Kami sadar bahwa hidrogen adalah energi masa depan,” kata Darmawan.

Kerja mirip ini menitikberatkan pada banyak aspek, seperti pengadaan, optimasi pasokan, pengembangan midstream LNG, juga pengembangan sumber daya manusia untuk aspek komersial lalu pangsa LNG. Juga mencakup pengembangan dan juga optimalisasi kemungkinan amonia hijau atau biru lalu hidrogen hijau atau biru untuk proyek penggantian materi bakar fosil.

“Hidrogen hijau adalah salah satu solusi pada menghadapi peralihan energi. Oleh oleh sebab itu itu, pengembangan hidrogen hijau menjadi fokus utama kami pada bidang usaha mempercepat transisi energi,” ucap Darmawan.

Direktur Utama PLN EPI, Iwan Agung Firstantara menyatakan gas berperan sebagai substitusi BBM/solar lalu batubara pada jangka pendek serta jangka menengah. Untuk jangka panjang, gas/LNG memegang peranan penting di transisi energi untuk melengkapi pengembangan energi terbarukan. 

“Untuk mencapai tujuan tersebut, PLN EPI mengembangkan portofolio kontrak LNG juga infrastruktur midstream LNG di rangka menurunkan konsumsi unsur bakar minyak di area pembangkit listrik milik PLN Group,” ujar Iwan.

Ia berharap kolaborasi ini dapat mengoptimalkan rantai pasokan LNG, pengembangan infrastruktur, sdm dan juga teknologi pemanfaatan energi hijau di area lingkungan PLN Group. 

Executive Officer, Head of the Lingkungan Business Group JERA, Shinsuke Nakayama, mengungkapkan JERA serta PLN EPI adalah dua perusahaan yang awalnya dibentuk untuk mengkonsolidasikan energi primer oleh perusahaan listrik terbesar di tempat negaranya. Juga memiliki kemiripan karakteristik dan juga kesamaan visi juga model bisnis. Karena itu, JERA berazam memperkuat PLN EPI. “Kami sangat senang dapat bergabung juga menggalang journey PLN untuk menyediakan suplai energi yang dimaksud andal untuk Indonesia,” ujarnya.

Nakayama percaya pengembangan rantai pasok LNG akan memaksimalkan suplai energi PLN. Dirinya juga mengamati bahwa inisiatif pengembangan LNG juga energi hijau adalah bagian dari upaya dekarbonisasi yang searah dengan transisi energi. “Kami berharap kolaborasi ini mampu menciptakan masa depan yang mana tambahan cerah untuk Indonesia serta PLN melalui dekarbonisasi sektor energi,” kata dia. (*)

(*)

Berita Lainnya Faktapers di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *