JabodetabekKesehatan

IKWI Jalin Kolaborasi Bersama TP PKK Gelar Seminar Cegah Stunting di Jakarta Barat

×

IKWI Jalin Kolaborasi Bersama TP PKK Gelar Seminar Cegah Stunting di Jakarta Barat

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia ( IKWI) Koordinatoriat Jakarta Barat bersama tim penggerak PKK Jakbar hari ini menggelar Seminar yang bertajuk ‘Peran Masyarakat Cegah Stunting Terhadap Anak’.Kegiatan tersebut digelar di Hall Ali Sadikin Gedung Kantor Walikota Jakarta Barat.

Acara ini dibuka langsung oleh ketua Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Barat Lisniawati Uus Kuswanto.

” Dengan mengucapkan Bismillahirrahmanirrahim Seminar Peran Masyarakat Cegah Stunting Terhadap Anak resmi saya buka,” kata Lisniawati dihadapan para peserta seminar. Selasa (23/4/2024).

Lisniawati mengungkapkan,kegiatan ini merupakan hasil kolaborasi tim penggerak PKK Jakarta Barat dengan IKWI Koordinator Jakbar. Dijelaskan pula terselenggaranya acara ini berkat inisiasi ketua IKWI Kesti Mona Sinaga saat melakukan audensi.

“Saat itu kami saling berdiskusi,dan Bu Mona menawarkan kerjasama yang berkaitan dengan program pemerintah dan isu yang sedang berkembang saat ini. Maka tercetuslah kegiatan seminar ini,” ungkapnya.

Menurut Istri Walikota Jakarta Barat Uus Kuswanto ini, IKWI merupakan organisasi pertama yang berkolaborasi dengan tim Penggerak PKK Jakarta Barat. Dia juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pengurus IKWI yang telah menggelar kegiatan ini.

Ia menjelaskan jika kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada masyarakat bagaimana cara menurunkan angka Stunting yang ada di wilayah Jakarta Barat. Harapannya dengan adanya seminar tersebut angka stunting di wilayahnya dapat digunakan tekan.

“Melalui seminar ini kami berharap angka Stunting di wilayah Jakarta Barat dapat ditekan sehingga jumlahnya dapat menurun,” harapnya.

Sebelumnya, Ketua IKWI Koordinatoriat Jakarta Barat Kesti Mona Sinaga dalam laporannya menjelaskan percepatan penurun stunting merupakan pada anak khsusunya balita merupakan program prioritas pemerintah. Hal ini, kata Mona termaktub dalam rencana pembangunan jangka panjang nasional tahun 200-2024.

“Seminar ini guna mendukung program pemerintah yang menargetkan penurunan stunting hingga 14%,” ucapnya.

Dikatakan pula, ada 250 peserta yang datang dari berbagai organisasi perempuan di Jakarta Barat. Tidak hanya itu pihaknya juga menghadirkan empat narasumber yaitu, Kepala Biro Komunikasi dan Pelayanan Publik Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi, Dokter Obstetri Genekologi dr Sang A. Fajar, Kasi Kesmas Sudinkes Jakarta Barat dr. Asri Yunita dan Dosen Tetap Ilmu Kesehatan Universitas Taruma negara dr. Herwanto.

“Semoga acar ini berlangsung dengan lancar sesuai dengan harapan kita semua,” tukas Mona.

Hadir dalam acara, tersebut, Sekjen PWI Pusat Sayid Iskandarsyah, Ketua PWI Jakarta Barat Kornelius Naibaho, Plt Ketua IKWI DKI Jakarta Novi Enebelty, Ketua Ikatan Adhyasa Dharmakarini Siti Cholifatun dan jajaran pengurus tim penggerak PKK Jakbar, Pengurus IKWi dan sejumlah organisasi perempuan yang ada di Jakarta Barat.

(*/ibeng)