Hina Nabi di Facebook, Empat Nyawa Melayang Akibat Bentrok di Bangladesh

×

Hina Nabi di Facebook, Empat Nyawa Melayang Akibat Bentrok di Bangladesh

Sebarkan artikel ini

Jakarta, faktapers.id – Lantaran unggahan Facebook yang menghina Nabi Muhammad oleh seorang warga Hindu, puluhan ribu massa yang terdiri dari warga muslim di Bangladesh melakukan unjuk rasa. Mereka protes dan meminta agar aparat penegak hukum menangkap pemilik akun facebook.

Awalnya, unjuk rasa yang terpusat di distrik selatan Bhola yang terletak 195 km dari ibukota Dhaka berjalan tertib. Namun entah apa penyebabnya, kericuhan pun terjadi, mereka bentrok dengan aparat kepolisian yang mengawal jalannya aksi unjuk rasa tersebut.

Dilaporkan APF, dari bentrokan yang terjadi empat orang meninggal dunia dan sekitar 50 orang lainnya luka-luka serta dan seorang polisi mengalami luka tembak  dalam bentrokan yang terjadi pada hari Minggu (20/10) di Bangladesh.

Sementara itu, pihak kepolisian menyebut bahwa akun Facebook tersebut diretas dan semua peretas telah ditahan. Namun massa tidak percaya dan tetap melanjutkan aksi protes berujung bentrok.

“Kami melepaskan tembakan kosong untuk membela diri ketika beberapa orang mulai melempari batu dengan petugas yang memaksa kami berlindung di sebuah gedung,” kata Kepala Polisi di Bhola, Sarkar Mohammad Kaisar.

Pasca kejadian tersebut, Perdana Menteri Bangladesh Sheikh Hasina menyerukan agar warga tetap tenang dan tidak terprovokasi.

Dia juga mengatakan bahwa aun Facebook pria yang dituduh menghasut ketegangan agama itu diretas oleh seorang warga lain dengan tujuan menyebarkan kebohongan.

“Kami melihat desas-desus tersebar di Facebook untuk menciptakan lingkungan anarki. Siapa mereka? Apa niat mereka?” kata Hasina mengatakan dalam pidatonya kepada anggota partai politiknya.(fp04)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *