Jawa

Jaga Ketahanan Pangan Pemdes Tirtomarto Bagikan Ribuan Bibit Tanaman

×

Jaga Ketahanan Pangan Pemdes Tirtomarto Bagikan Ribuan Bibit Tanaman

Sebarkan artikel ini

Klaten, Faktapers.id – Guna menjaga ketahanan pangan, Pemerintah Desa (Pemdes) Tirtomarto, Kecamatan Cawas, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah membagikan ribuan bibit tanaman buah-buahan dan cabai kepada 850 kepala keluarga (KK) di desa tersebut.

Kepala Desa Tirtomarto, Cawas, Klaten Agung Nugroho mengatakan, pengadaan bibit tanaman tersebut berasal dari sisa dana penanggulangan Covid-19. Berdasarkan peraturan menteri, 20 persen dari dana desa digunakan untuk ketahanan pangan.

“Jadi ekspektasi saya, ketika punya potensi kedepan sekitar 2-3 tahun tanaman ini akan berproduksi dan bisa menghasilkan untuk ketahanan pangan, maka di Desa Tirtomarto tidak akan terjadi krisis pangan,” kata Agung, Jumat (4/11/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, selain bertujuan untuk mewujudkan ketahanan pangan di Tirtomarto, pemberian bibit tersebut juga diharapkan mampu memberikan dampak ikutan seperti adanya ekosistem tanaman sehingga nantinya Tirtomarto akan menjadi desa penghasil pangan.

“Harapan saya sih begitu, tapi tetap yang utama adalah menjaga ketahanan pangan dan setelah ini akan kita pantau biar bisa maksimal dan optimal, seperti motto desa yaitu Tanamlah Apa Yang Bisa Dimakan, Makanlah Apa Yang Bisa Ditanam,” terangnya.

Ia menambahkan harapan dari Pemerintah Desa Tirtomarto bahwa bibit yang dibagikan benar-benar ditanam dan dipelihara supaya nantinya bisa berkembang serta dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Kegiatan ini juga sebagai tindaklanjut sesuai apa yang dicanangkan Bupati Klaten Sri Mulyani dalam program menanam sejuta cabai diseluruh wilayah yang ada di Klaten yaitu dalam 1 KK miniman menanam 3 pohon cabai,” jelas Agung.

Kegiatan ini langsung mendapat apresiasi dari Camat Cawas Prihadi, pihaknya menilai terobosan desa Tirtomarto sangat bagus dan harus mendapat dukungan. Hal ini, menurutnya sesuai arahan Bupati Klaten mencanangkan penanaman sejuta cabai.

“Saya selaku pemerintah kecamatan mengapresiasi langkah baik Desa Tirtomarto. Ketika berkembang dan menghasilkan, ini artinya sesuai program pemerintah kabupaten dalam menggerakkan warganya untuk menanam sejuta cabai diawali setiap rumah menanam miniman 3 pohon cabai,” ucapnya.

Sementara itu, salah satu warga setempat, Sadimin (50), mengaku bahagia dan senang dengan pembagian bibit tanaman gratis tersebut kepada warga. Ia menilai saat ini sangat cocok menanam tanaman baru, alasanya dalam musim penghujan tak perlu repot menyirami tanaman.

“Dilingkungan saya banyak lahan kosong. Ini nanti langsung saya tanam dihalaman rumah dan berharap dengan dibagikannya bibit tanaman ini semua warga Tirtomarto semakin sejahtera serta murah pangan,” katanya. (Madi)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *