Hukum & KriminalNasional

Mabes Polri Menurunkan Tim Membantu Polda Metro Jaya Menyidik Dugaan Pemerasan Kasus SYL

×

Mabes Polri Menurunkan Tim Membantu Polda Metro Jaya Menyidik Dugaan Pemerasan Kasus SYL

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Guna penyidikan kasus pemerasan diduga dilakukan pimpinan KPK terhadap mantan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo.l, Mabes Polri menurunkan tim guna membantu Polda Metro Jaya menyudik.

Nama Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar ikut terseret dalam kasus dugaan pemerasan ini. Ia  ikut diperiksa sebagai salah satu saksi kasus dugaan pemerasan yang menyeret nama pimpinan KPK.

Hingga kini total sudah 6 orang saksi telah dimintai keterangan oleh penyididik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Untuk kasus ini Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo meminta jajarannya agar cermat dan hati-hati dalam menangani kasus tersebut. Sebab, laporan ini menyangkut orang yang dikenal publik serta menyangkut lembaga yang dikenal publik, sehingga penanganannya harus cermat dan harus hati-hati.

Kapolri Sigit juga mempersilakan pihak atau lembaga lain yang ingin mengawasi kinerja Polri terkait penanganan kasus dugaan pemerasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK.

Menurutnya Polri terbuka dan transparan dalam penanganan kasus ini sehingga prosesnya betul-betul bisa memberikan rasa keadilan.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus (Dirkrimsus) Polda Metro Jaya Kombes Ade Safri Simanjuntak mengaku pihaknya telah memeriksa Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar sebagai saksi dalam kasus tersebut.

“Benar sebagai salah satu saksi yang sudah dilakukan klarifikasi di tahap penyelidikan,” ungkap Kombes Ade Safri kepada kata awak media, Minggu (8/10/2023).

“Penyidik  akan kembali menjadwalkan pemeriksaan terhadap Kombes Irwan Anwar,” tambahnya.

Setelah kasus perasan yang diduga dilakukan pimpinan KPK naik ke tahap penyidik, penyidik akan menjadwalkan pemanggilan terhadap yang bersangkuran (Kombes Irwan Anwar) untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

Mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo sendiri sudah tiga kali diperoiksa penyidik Ditreskrimsus Polda Metro Jaya.

Kabar lainnya menyebutkan, Kapolrestabes Semarang Kombes Irwan Anwar disebut-sebut sebagai pihak yang mempertemukan Ketua KPK Firli Bahuri dengan mantan Mentan Syahrul Yasin Limpo. Keduanya bertemu pada Desember 2022 di sebuah lapangan bulutingkis di kawasan Mangga Besar, Jakarta Barat.

Kombes Irwan Anwar diketahui beristrikan keponakan Syahrul Yasin Limpo bernama Andi Tenri Gusti Hanum Utari Natassa.

Meski begitu sampai sekarang pihak kepolisian belum memberikan keterangan resmi latar belakang diperiksanya Kombes Irwan sebagai saksi terkait kasus dugaan pemerasan itu.

[]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *