DaerahSumatera

Dari Jakarta, Caleg DPR RI Debby Sangari Siap Mengabdi di Dapil Riau II

×

Dari Jakarta, Caleg DPR RI Debby Sangari Siap Mengabdi di Dapil Riau II

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Sebagai warga negara yang baik, patuh dan tunduk dengan Undang-Undang (UU), seseorang harus melakukan dan menjalankan apa pun ketika dipanggil oleh negara.

Inilah yang dialami Debby Sangari, Calon Anggota Legislatif (Caleg) Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Saya sebagai warga negara, sekaligus kader PDIP siap mengbdi sekecil apa pun dan bersedia ditempatkan dimana pun mana kala negara memanggil untuk mewakili aspirasi masyarakat yang berada di daerah mana pun di Indonesia,” papar Debby Sangari kepada wartawan di sebuah wadah komunitas di Jakarta Selatan, Rabu, (8/11/2023).

Debby Sangari, Ketua Pimpinan Anak Cabang (PAC) PDI Perjuangan Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan ini resmi tercatat pada lembaran negara dalam Daftar Calon Tetap (DCT) Anggota DPR RI yang telah ditetapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

“Kita tetapkan DCT hari ini 9.917 ini meliputi 18 parpol,” kata Ketua KPU RI Hasyim Asy’ari dalam konferensi pers di kantor KPU RI, Menteng, Jakarta Pusat, Jumat, (3/11/2023).

Ya, Debby Sangari, Ibu beranak 2 (dua) ini telah ditetapkan KPU RI sebagai Caleg DPR RI dengan nomor urut 4, untuk daerah pemilihan (Dapil) Riau II meliputi wilayah Kampar, Pelalawan, Indragiri Hulu, Indragiri Hilir dan Kuantan Singingi.

Ibarat pepatah, Tak Kenal Maka Tak Sayang. Inilah sekelumit perjalanan Debby Sangari, seorang pimpinan partai dari ‘akar rumput’ hingga di ditunjuk oleh Partai untuk berjuang dalam Pemilu 2024 sebagai wakil rakyat Riau II di lembaga Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia.

Debby Sangari, perempuan kelahiran, Manado ini memulai perjalanan karir politiknya di partai berlambang banteng dengan moncong putih ini pada 2013 lalu sebagai ketua PAC Kecamatan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan.

Sejumlah keberhasilan dalam menjalankan agenda pengkaderan dan perolehan prestasi gemilang lainnya, termasuk dalam mensukseskan program pemerintah dan program partainya saat penanganan dan pencegahan Pandemi Covid-19 dengan memfasilitasi pemberian vaksinasi Covid 19 untuk warga masyarakat se-Kecamatan Kebayoran Lama, membuat pemilik aku TikTok @desajuang ini dipercaya menjadi Ketua PAC PDIP Kebayoran Lama selama 2 (dua) periode hingga saat ini.

*Tak Mengeluarkan Uang Sepeserpun*

Sama seperti Prof. Mahfud MD, Calon Wakil Presiden dari PDI Perjuangan. Setelah resmi diumumkan sebagai Caleg DPR RI, Debby Sangari pun membeberkan bahwa ia tidak mengeluarkan uang sepeser pun dalam proses penunjukannya sebagai caleg DPR RI di PDIP.

“Jujur, mungkin banyak orang tidak percaya kalau saya tidak diminta dan tidak keluar sepeser pun uang untuk menjadi Caleg DPR RI pada Pemilu tahun 2024 mendatang. Bahkan, partai menawarkan bantuannya untuk memberikan logistik dan segala keperluan untuk kampanye. Seperti bendera, kaos, stiker dan atribut lain-lainnya,” papar ibu lulusan Sarjana Ilmu Politik ini.

“Mungkin ini jalan yang diberikan tuhan untuk saya. Sejak proses penjaringan pencalonan, pembuatan persyaratan administrasi seperti SKCK, surat keterangan tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap hingga sampai pada tahap sekarang ini tidak sesulit yang orang bayangkan. Mohon doa serta dukungannya,” sambungnya.

*TIdak Ada di DCS, tapi Masuk Dalam DCT Caleg DPR RI*

Nama Debby Sangari, S.I.P, sebelumnya tidak muncul dalam daftar calon sementara (DCS) bacaleg DPRD Provinsi DKI Jakarta dapil 7. Namun, dari penelusuran, nama Debby Sangari berada pada nomor urut 4 sebagai Caleg PDIP, Dapil Riau II.

Bakal masuknya nama Debby Sangari dalam DCT Caleg DPR RI sebelumnya tidak pernah diprediksi oleh Debby Sangari.

“Setelah nama saya masuk dalam DCT, saya sempat bingung. Tapi bagi tuhan tak ada yang tidak mungkin. Ini sudah jalan yang tuhan berikan untuk saya,” tutur Debby.

*Penuhi Kuota Caleg Perempuan*

Tak bisa dipungkiri, Debby Sangari merupakan salah satu keterwakilan perempuan dari keadilan di dalam pemilu jujur dan adil seperti yang diamanatkan Pasal 245 UU Pemilu serta sudah dikukuhkan oleh putusan Mahkamah Agung.

Oleh karenanya, dengan slogan ‘Terus Berjuang dari Hati untuk Rakyat’, Debby Sangari bertekad bulat untuk memperjuangkan pemenuhan hak-hak perempuan dan kesetaraan mendapatkan kesempatan yang sama antara perempuan dengan laki-laki.

Karena menurut Debby Sangari, kodrat perempuan hanya ada 3 (tiga), yakni melahirkan, menyusui dan menstruasi.

“Ini yang tak dimiliki dari laki-laki. Ini bisa juga diartikan bahwa sebenarnya perempuan lebih hebat. Sementara pendidikan, karir dan jabatan yang dipegang kaum lelaki bisa juga dipegang oleh perempuan,” ucap Debby Sangari.

Tak hanya itu, Debby Sangari juga ingin berupaya untuk melindungi perempuan dan memberikan rasa aman dalam pemenuhan hak-haknya dengan memberikan perhatian yang konsisten dan sistematis yang ditujukan untuk mencapai kesetaraan gender serta mendorong dan membangkitkan semangat perempuan yang cenderung diam atau malu untuk bisa dan berani ‘speak up’ (berbicara-red) dengan memulainya dari tindakan kecil, seperti membagikan pengalaman dan pengetahuan dan motivasi seputar hak-hak perempuan baik didunia nyata dan di media sosial dengan mengajak masyarakat dan sejumlah pihak terkait untuk berkolaborasi.

Dari Provinsi DKI Jakarta, perjuangan Debby Sangari akan hijrah memperjuangkan masyarakat Riau II seperti yang diamanahkan oleh partainya. Dengan ilmu serta pengalaman yang ada dan ingin turut berkontribusi dalam rangka memajukan Riau II di segala bidang, baik pembangunan fisik, non fisik dan pemberdayan ekonomi masyarakat.

Langkah berani Debby Sangari untuk hijrah dan mengabdi untuk masyarakat Riau II menjadi amah baru yang bakal diembannya untuk ikut serta memajukan perekonomian Riau II dan memilih setia berjuang bersama PDI Perjuangan yang dirasa akan sejalan dengan visi dan misi yang akan dibawanya untuk kemajuan masyarakat Riau II.

“Sekali lagi, saya mohon doa serta dukungannya sampai saya bisa terpilih sebagai anggota DPR RI dan mengabdikan diri saya untuk bangsa dan negara Indonesia tercinta ini,” pungkas Debby Sangari.

(Her)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *