Headline

Ketua DPR: Turunkan Harga Tes Swab

×

Ketua DPR: Turunkan Harga Tes Swab

Sebarkan artikel ini

Jakarta, Faktapers.id – Peningkatan jumlah masyarakat yang melakukan tes swab mandiri dapat mengendalikan penyebaran Covid-19. Karenanya, pemerintah dihimbau agar menurunkan tarif tes swab.

Ketua DPR RI, Puan Maharani mengimbau kepada pemerintah agar harga pelaksanaan tes swab bisa diturunkan, ada standarisasi harga.

“Walau disesuaikan dengan tempat atau provinsi/kabupaten tertentu, kalau harganya diturunkan, ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan tes swab secara mandiri,” sebut dia dalam keterangan persnya, Selasa (29/9).

Jika tarif tes swab lebih terjangkau, sambung Puan, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat. “Meningkatnya tes swab, maka pengendalian penyebaran Covid-19 dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik,” ujarnya.

Menurut Puan, terkait tes swab yang kini sudah mulai dilakukan massal, kalau nanti harganya diturunkan, bisa membuat masyarakat punya kesadaran untuk tes mandiri.

“Penanganan pandemi Covid-19 harus dilakukan secara menyeluruh dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah,” serunya.

Sambung Puan, kesadaran masyarakat harus ditingkatkan dalam memutus mata rantai Covid-19, dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan, mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

“Saya minta Penanganan Covid-19 punya standarisasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia sehingga penanganannya akan bermanfaat dan secara komprehensif menjadi satu kesatuan gotong royong menangani Covid-19 secara menyeluruh,” tegasnya. OSS

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *