Headline

Pemkab Majalengka Hibahkan 3 Kendaraan Operasional untuk KPA

×

Pemkab Majalengka Hibahkan 3 Kendaraan Operasional untuk KPA

Sebarkan artikel ini

Majalengka,faktapers.id- Tempat hiburan salah satu yang mempengaruhi dampak penambahan kasus HIV / AIDS di Kabupaten Majalengka. Pergaulan ditempat hiburan tersebut yang harus di sikapi oleh Komisi Penanggulangan AIDS ( KPA).

Peningkatan kasus HIV / AIDS di Kabupaten Majalengka menunjukan bahwa penanganan kasus ini bukan hanya kesehatan saja tetapi sudah masalah sosial. Munculnya diskriminasi atau stigma dari masyarakat sekitar.

Hal tersebut dikatakan wakil Bupati Tarsono D. Mardiana saat membuka kegiatan Rapat kordinasi pencegahan dan penanggulangan HIV / AIDS bertempat di lapang Tenis Setda Majalengka Senin 18/10/2020.

Menurut Wabup pelayanan HIV juga masuk ke dalam standar pelayanan minimal kesehatan daerah untuk pelayanan kesehatan orang dengan resiko terinfeksi Virus HIV.

Penanganan, pencegahan serta penanggulangan HIV / AIDS harus siinkron dengan setiap dinas. Untuk itu Pemerintah Kabupaten Majalengka melalui keputusan Bupati No. 441.5/ Kep. 68 – kesra / 2020 telah membentuk kesekertariatan Komisi Penanggulangan AIDS ( KPA) tingkat Kabupaten . Dan Pemerintah Kabupaten Majalengka telah memberikan hibah berupa 3 kendaraan motor untuk operasional serta peralatan dan perlengkapan Kantor .

Wakil Bupati minta kepada pengurus KPA yang baru untuk berkordinasi, bersinergis dengan dinas instansi terkait. Bentuk konunitas atau pengiat perduli AIDS di setiap kecamatan, untuk lebih mengedukasi masyarakat tentang HIV / AIDS.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Majalengka Alimudin mengatakan HIV / AIDS adalah penyakit keronis yang dapat dikelola, layaknya penyakit kronis lainya. HIV sudah ada obatnya yaitu Anti Retro Viral ( ARV) , pengobatan ARV dini menjaga odha tetap sehat dan produktif serta dapat mencegah penularan baru.

Di Kabupaten Majalengka dari tahun 2001 sampai dengan Agustus 2020 kasus HIV / AIDS sebanyak 510 kasus dengan sebaran HIV sebanyak 121 dan AIDS sebanyak 389 kasus.

Hadir dalam kesempatan tersebut KPA Jawa Barat, Kapolres, Dandim, KPA Majalengka, OPD dan Camat . Lintong Situmorang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *