Headline

Tergiur Iming Iming Minyak Goreng Murah, Puluhan Warga Samarinda Tertipu Hampir 1 Miliar

×

Tergiur Iming Iming Minyak Goreng Murah, Puluhan Warga Samarinda Tertipu Hampir 1 Miliar

Sebarkan artikel ini
Pemerintah menetapkan minyak goreng murah. Harga yang beredar di pasar, Indomaret, Alfamart dan toko-toko yakni Rp14.000 per liter - Antara Foto

Faktapers.id- Nasib sial dialami puluhan warga Samarinda, Kalimantan Timur yang mengalami penipuan minyak goreng murah. Pelaku berinisial FA (31) menjual minyak goreng tersebut dengan harga Rp150 ribu per dus.

Salah satu korban bernama Citra bersama kuasa hukumnya mendatangi Polresta Samarinda untuk membuat laporan dugaan kasus penipuan pada Selasa, 8 Februari 2022.

“Waktu awal itu harga Rp170 ribu satu dus, kemudian jadi Rp150 ribu dan dijanjikan gratis ongkos kirim, bonus beras, dan gula. Dari situ saya langsung memesan banyak,” ungkap salah satu korban bernama Citra di Samarinda.

Awalnya, Citra menjelaskan bahwa FA menawarkan minyak goreng untuk keperluan pribadi. Akan tetapi, karena tergiur dengan harga murah sedangkan harga minyak gorengsedang meroket dan langka, dia lantas memesan dengan jumlah yang banyak serta mengajak teman-temannya.

Ketika diminta penjelasan oleh korban, terduga FA seringkali berkelit dengan berbagai macam alasan bahwa minyak goreng yang sudah dipesan tidak bisa dikirim.

Tak ingin menyerah begitu saja, Citra pun berusaha mendapatkan pesanannya dengan mendatangi gudang di Jalan Batuah Samarinda, yang diakui FA sebagai lokasi penyimpanan minyak goreng.

“Saya disuruh sendiri ke sana, pas saya cek, bukan gudang, melainkan mes karyawan batu bara,” ucapnya, seperti dikutip dari Antara.

Dalam kesempatan yang sama, Dyah Lestari selaku kuasa hukum korban, mengatakan bahwa para korban awalnya sempat memesan 5.000 dus minyak pada bulan November 2021. Transaksi tersebut tidak ada masalah.

Selanjutnya, para korban memesan kembali sebanyak 7.000 dus, namun hanya 900 dus yang mereka terima.

“Para korban merasa ditipu oleh FA yang mengaku memiliki kenalan bos distributor minyak goreng karena telah mentransfer dengan total Rp900 juta. Namun, apa yang dipesan tak kunjung datang,” ujarnya. (red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *